Ikuti terus update kami!!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, September 14, 2013

Daftar Tempat Wisata di Jambi


View Larger Map
Daftar tempat-tempat wisata di Jambi -Top Wisata- Provinsi Jambi merupakan daerah yang cukup memiki cagar alam yang bagus. Namun sayang daerah yang merupakan lahan yang bisa di jadikan objek wisata kurang di perharikan oleh Pemerintah setempat. Tetapi jangan khawatir para pecinta travelling Top Wisata disini akan mulai mengangkat kembali pariwisata Jambi. Mudah-mudahan dapat membantu anda. Berikut ini daftar nama-nama dan tempat-tempat wisata di Jambi :

Daftar Tempat Wisata di Jambi

Kota Jambi


Taman Nasional Berbak

Wisata tanjung jabung timur   TNB merupakan kawasa  konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara dengan luas 150.000. ha. Yang terdiri dari hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia.Berbak ditetapkan pertama kali menjadi kawasan konservasi suaka margasatwa pada masa pemerintahan Belanda dengan luas 190.000 ha. Kemudian pada tanggal 26 Februari 1992 telah dilakukan perubahan fungsi menjadi Taman Nasional SK.Kawasan ini mempunyai potensi wisata alam yang bernilai tinggi karena dalam kawasan dapat dijumpai dan dinikmati antara lain:

  • Pemandangan alam hutan lahan basah 
  • Pengamatan flora dan fauna (seperti raja udang, burung kipas atau monyet anggrek, palm, dan sebagainya).
  • Pemancingan ikan disungai


Pulau Berhala

Wisata tanjung jabung- Potensi wisata Kabupaten Tanjung Jabung Timur sekitar daerah penyangga TNB memiliki akses dengan Pulau Berhala. Untuk melihat panorama pantai pasir putih dan batuan vulkanik yang sangat indah. Untuk mencapai Pulau Berhala dibutuhkan waktu dua jam dari desa Sungai Lokan dengan menggunakan pompong, bila menggunakan speed boat dapat ditempuh dengan waktu 30-45 menit. waktu tempuh ini dipengaruhi oleh gelombang laut. Pulau yang luasnya kurang lebih 100 ha ini pada bagian barat mempunyai pantai yang landai dan berpasir putih. Dalam keadaan laut surut, Pulau berhala dapat dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Air Hitam Dalam

Sungai Air Hitam dalam terletak di sungai Rambut yang merupakan anak sungai Berbak. Dapat dilayari dengan perahu sejauh 7 km. Objek dan daya tariknya adalah bersampan menyusuri Sungai Air Hitam Dalam sambil menikmati panorama sungai dan ecosystem estuary dan melihat satwa yang ada di kanan kiri sungai.

Candi Muaro Jambi

Objek Wisata kawasan percandian Muara Jambi merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Jambi. Kawasan percandian ini merupakan salah satu kompleks candi terbesar se-Asia Tenggara. Kawasan Percandian ini pernah dikunjungi oleh komunitas Buddha se-Asia Tenggara untuk beribadah. Situs percandian ini tidak hanya menjadi objek wisata saja, tapi juga tempat yang punya nilai sejarah yang sangat tinggi, objek penelitian para arkeolog dan juga tempat peribadatan.
Situs Kawasan  percandian Muara Jambi ini memiliki luas 11 kilometer persegi. Hingga kini di kawasan ini setidaknya terdapat 33 buah runtuhan bangunan bata atau candi. sebagian dari bangunan-bangunan tersebut terletak mengelompok di suatu tempat yang dikelilingi tembok pagar keliling misalnya Candi Teluk, Kembarbatu, Candi Gedong, Gumpung, Candi Tinggi, Kota Mahligai dan Candi Kedaton dan sebagian lagi terletak terpisah-pisah seperti Candi Astano, Manapo Melayu, dan beberapa manapo kecil lainnya.

Selain bangunan-bangunan Candi, di Kawasan  percandian Muara Jambi juga ditemukan sisa-sisa pemukiman berupa pecahan keramik dan tembikar serta barang-barang untuk keperluan sehari-hari. Kini, barang-barang temuan tersebut disimpan dan dipamerkan di Pusat Informasi Kawasan Percandian Muara Jambi yang terletak di dalam kawasan situs ini.

Danau Kerinci

Objek Wisata Danau Kerinci ini menyimpan banyak jenis ikan. Ikan Semah merupakan jenis yang paling digemari dan merupakan ikan endemik. Danau Kerinci terletak pada dua Kecamatan yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau. Terdapat beberapa lokasi yang menarik pada beberapa desa disekitar Danau Kerinci, yaitu Daerah Pesanggarahan dimana kita bisa melihat pemandangan Danau Kerinci dari atas, Tanjung Hatta adalah tempat Bung Hatta menikmati panorama Danau Kerinci dan menanam pohon disana, Desa Seleman terdapat Rumah Laheik yang merupakan rumah khas kerinci, dan di Desa Pulau Tengah terdapat Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah dan di sekitar danau Kerinci terdapat sejumlah batu berukir yang diduga peninggalan manusia megalit.

Goa Tiangko – Merangin

Objek Wisata Gua Tiangko terletak di Desa Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi atau sekitar 9 km dari Sungai Manau. Bukan hanya Gua Tiangko yang berada di Desa Tiangko, tetapi juga beberapa gua lainnya. Konon dahulu daerah ini dijadikan tempat tinggal manusia purba. Gua Tiangko salah satunya, gua ini dahulu di tempati oleh sekelompok manusia purba, 9000 tahun silam. Keadaan dalam gua sama seperti gua lainnya, terdapat stalaktit dan stalagmit.

Sumber Air Panas Semurup

Objek Wisata Sumber Air Panas Semurup terletak di Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Objek Wisata ini berjarak 15 km dari Kota Sungai Penuh. Fasilitas di Air Panas Semurup juga dilengkapi kolam renang anak-anak dan kamar mandi untuk orang dewasa. Anda yang lelah melakukan aktivitas pekerjaan bisa mencoba mandi di Air Panas. Alhasil, tubuh kembali bugar seperti semula.

Air Panas ini memang dipercaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Uniknya lagi, Anda bisa merebus telur hanya membutuhkan waktu 10 menit dan siap dimakan.

Taman Nasional Kerinci Sebelat

Objek Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah sampai ekosistem sub-alpin serta beberapa ekosistem yang khas antara lain rawa gambut, rawa air tawar dan danau. Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki 4.000 jenis tumbuhan yang didominasi oleh famili Dipterocarpaceae. Tumbuhan yang langka dan endemik seperti pinus kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Harpulia alborea), bunga raflesia (Rafflesia arnoldi dan R. hasseltii), dan bunga bangkai (Amorphophallus titanum dan A. decus-silvae). Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki 37 jenis mamalia, 10 jenis reptilia, 6 jenis amfibia, 8 jenis primata dan 139 jenis burung.

Potensi lainnya yang menarik perhatian pengunjung di taman nasional ini, seperti pengamatan suara burung rangkong (Buceros rhinoceros sumatranus) dan julang (Aceros undulatus undulatus) serta suara tawa histeri yang menakjubkan dari burung gading (Rhinoplax vigil); adanya kucing emas (Catopuma temminckii temminckii) yang sangat misterius, serta adanya misteri yang belum terpecahkan tentang sejenis satwa primata yang berjalan tegak dan cepat sekali menghilang diantara pohon, dimana masyarakat setempat menamakannya “orang pendek”.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

Post a Comment